1. Ruang Lingkup Biologi
Biologi merupakan ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Biologi juga menjadi ilmu dasar bagi ilmu-ilmu terapan seperti ilmu pertanian, kedokteran, dan peternakan. Objek kajian Biologi diklasifikasikan menjadi lima kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.
Objek dari Biologi berupa tingkat organisasi makhluk hidup, dari yang paling sederhana hingga paling kompleks. Tingkatan tersebut sebagai berikut.
1. Tingkat molekul: molekul merupakan partikel penyusun sel makhluk hidup yang paling sederhana.
2. Tingkat sel: sel merupakan unit kehidupan terkecil dari makhluk hidup.
3. Tingkat jaringan: jaringan merupakan sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi sama.
4. Tingkat organ: organ merupakan kumpulan berbagai jaringan yang menjalankan suatu fungsi tertentu.
5. Tingkat sistem organ: kumpulan berbagai organ yang saling bekerja sama menjalankan fungsi tertentu dalam tubuh makhluk hidup.
6. Tingkat individu: merupakan organisme tunggal yang memiliki berbagai sistem organ dalam tubuhnya.
7. Tingkat populasi: merupakan sekumpulan individu sejenis yang menempati suatu tempat tertentu pada waktu yang sama.
8. Tingkat komunitas: kumpulan berbagai populasi yang saling berinteraksi dalam suatu area yang sama.
9. Tingkat ekosistem: merupakan bentuk organisasai kehidupan hasil interaksi antarmakhluk hidup penyusun komunitas dengan lingkungannya.
10. Tingkat bioma: merupakan daratan yang luas dan memiliki iklim, tanah, tumbuhan, dan hewan yang sama.
11. Tingkat biosfer: merupakan tingkat organisasi kehidupan yang paling kompleks karena terdiri atas berbagai macam ekosistem yang ada di seluruh dunia.
2. Cabang-cabang ilmu Biologi
Biologi memiliki ruang lingkup yang luas dan telah berkembang membentuk cabang-cabang ilmu biologi. Beberapa cabang ilmu Biologi dengan objek kajiannya sebagai berikut.
Botani | Ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan |
Zoologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang hewan |
Mikrobiologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang jasad renik (mikro organisme) |
Genetika | Ilmu biologi yang mempelajari tentang pewarisan sifat makhluk hidup |
Ekologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungan tempat tinggalnya |
Anatomi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang susunan tubuh makhluk hidup |
Morfologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang bentuk luar tubuh makhluk hidup |
Ornitologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang burung atau unggas |
Virologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang virus |
Taksonomi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang klasifikasi atau pengelompokan makhluk hidup |
Entomologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang serangga |
Fisiologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang alat tubuh makhluk hidup |
Sitologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang sel |
Histologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang jaringan (kumpulan sel yang bekerja sama untuk menjalankan suatu fungsi) |
Embriologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang perkembangan embrio, mulai dari pembuahan sel telur hingga tahap janin |
Mamalogi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang mamalia |
Primatologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang primata, misalnya membahas tentang perbedaan monyet dan kera |
Organologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang organ (kumpulan jaringan) |
Kardiologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang jantung |
Mikologi | Ilmu biologi yang mempelajari tentang jamur |
3. Peran Biologi bagi Kehidupan
Peranan biologi dalam kehidupan manusia sehari-hari sangat penting untuk menjaga kualitas hidup dan kehidupan manusia. Penemuan-penemuan dari hasil penelitian dan eksperimen para ilmuwan dalam bidang biologi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia sehari-hari.
Peranan biologi dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh-contohnya :
- Bidang kedokteran, contohnya teknik bayi tabung, metode keluarga berencana (KB), pencangkokan organ tubuh, bedah plastik, dan terapi gen.
- Bidang farmasi, contohnya pembuatan vitamin sintetik, vaksin, antibodi monoklonal, hormon insulin buatan, enzim-enzim buatan, antibiotik untuk bakteri dan jamur, serta obat-obatan tradisional dan modern.
- Bidang teknologi pangan, contohnya pembuatan keju, sosis, kecap, tapai, tempe, oncom, tauco, sarde, nata de coco, yoghurt, makanan suplemen, PST (Protein Sel Tunggal), dan teknologi pengawatan makanan.
- Bidang pertanian, contohnya penemuan bibit ungul, tanaman transgenik(tanaman hasil rekayasa genetika), teknologi hidroponik, kultur jaringan, dan pemandulan hama.
- Bidang peternakan, contohnya inseminasi buatan (kawin suntik), kloning untuk hewan, ayam petelur tanpa dibuahi pejantan, dan hewan ternak yang bermutu unggul lainnya (memproduksi susu, daging, dan telur berkualitas tinggi).
- Bidang perikanan, contohnya budidaya kerang penghasil mutiara, budidaya udang windu, dan budidaya ikan hias
- Bidang industri, contohnya teknik pemisahan logam dari bijihnya dengan menggunakan bakteri.
- Bidang pengololaan lingkungan hidup, contohnya pengolahan limbah dengan menggunakan mikroorganisme, menguraikan tumpahan minyak di laut dan plastik dengan bakteri dan lain sebagainya.
Games
Cobalah permainan-permainan berikut ini untuk membantu memahami materi ini!
Soal dan Pembahasan
1. Di bawah ini yang bukan merupakan bagian dari organisasi kehidupan adalah.....A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. Lingkungan
E. Populasi
Pembahasan: Tingkat organisasi kehidupan. Sel ⇒ jaringan ⇒ organ ⇒ sistem organ ⇒ individu ⇒ populasi ⇒ komunitas ⇒ ekosistem ⇒ bioma
Jawaban: D
2. Ilmu tentang burung disebut ....
A. Sitologi
B. Herpetologi
C. Zoologi
D. Ornithologi
E. Limnologi
Pembahasan: Ornitho = burung Logi/Logos = Ilmu
Jawaban: D
3. Tingkat organisasi kehidupan paling kompleks adalah...
A. Bioma
B. Komunitas
C. Ekosistem
D. Biosfer
E. Populasi
Pembahasan: Biosfer adalah berbagai macam ekosistem yang ada di dunia
Jawaban: D
4. Berikut adalah langkah-langkah metode ilmiah:
1) Mengumpulkan data
2) Merumuskan hipotesis
3) Menarik simpulan
4) Merumuskan masalah
5) Melakukan pecobaan
6) Menyusun teori
Urutan yang benar adalah …..
A. 1-2-3-4-5-6
B. 2-1-4-5-3-6
C. 2-1-5-4-3-6
D. 4-1-2-5-3-6
E. 4-1-5-2-3-6
Pembahasan: Metode ilmiah dimulai dengan Merumuskan masalah, Mengumpulkan data, Merumuskan Hipotesis, Melakukan percobaan, Menarik kesimpulan, dan Menyusun teori
Jawaban: D
5. Dalam hidupnya, manusia bergantung pada alam. Hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya dipelajari dalam ilmu …..
A. Ekosistem
B. Taksonomi
C. Genetika
D. Morfologi
E. Ekologi
Pembahasan: Ekologi adalah Ilmu biologi yang mempelajari tentang makhluk hidup dan lingkungan tempat tinggalnya
Jawaban: E
6. Tingkatan ruang lingkup biologi yang ditempati oleh kumpulan beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu wilayah dalam waktu tertentu adalah . . . .
A. Organisme
B. Populasi
C. Komunitas
D. Ekosistem
E. Bioma
Pembahasan: Komunitas adalah kumpulan berbagai populasi yang saling berinteraksi dalam suatu area yang sama.
Jawaban: C
7. Salah satu manfaat dari mempelajari biologi adalah . . . .
A. mengetahui harga sayuran
B. menciptakan mesin kedokteran
C. dapat menjelaskan proses fotosintesis
D. membuat alat komunikasi yang efektif
E. mengetahui hukum newton 2
Pembahasan: Mempelajari Biologi dapat menjelaskan proses fotosintesis
Jawaban: C
8. Ilmu tentang jamur disebut ....
A. Patologi
B. Paleontologi
C. Virologi
D. Mikologi
E. Bakteriologi
Pembahasan: Mikologi adalah Ilmu tentang jamur
Jawaban: D
9. Irma akan melakukan transplantasi ginjal. Ginjal dipelajari pada organisasi kehidupan tingkat . . .
A. Sel
B. Jaringan
C. Organ
D. Sistem Organ
E. Individu
Pembahasan: Ginjal adalah organ tubuh manusia sehingga tergolong pada organisasi kehidupan tingkat organ.
Jawaban: C
10. Ilmu tentang reptillia dikenal sebagai ....
A. Virologi
B. Herpetologi
C. Sitologi
D. Limnologi
E. Mikologi
Pembahasan: Herpetologi adalah ilmu yang mempelajari tentang reptilia
Jawaban: B
11. Berikut ini ilmu yang berkembang dari Biologi dan berkedudukan sebagai Biologi terapan, kecuali ....
A. Kedokteran
B. Pertanian
C. Kesehatan
D. Bioteknologi
E. Botani
Pembahasan: Botani merupakan bagian atau cabang utama ilmu Biologi. Jawaban: E
12. Jika seorang peneliti melakukan perubahan pada objek penelitiannya dan akibatnya dapat diukur maka perubahan demikian disebut sebagai ....
A. Variabel kontrol
B. Variabel terikat
C. Variabel bebas
D. Eksperimen
E. Faktor biotik
Pembahasan: Objek penelitian merupakan variabel terikat dalam suatu penelitian.
Jawaban: B
13. Sopyan sedang mengamati kupu-kupu yang baru saja ia tangkap kemudian ia jadikan koleksi dalam insektariumnya, cabang ilmu biologi apa yang berkaitan dengan kegiatan Sopyan . . . .
A. Ornitologi
B. Entomologi
C. Genetika
D. Sitologi
E. Mikrobiologi
Pembahasan: Entomologi adalah Ilmu biologi yang mempelajari tentang serangga
Jawaban: B
14. Ruang lingkup biologi yang paling mendasar adalah . . . .
A. Sel
B. Biosfer
C. Jaringan
D. Organisme
E. Molekul
Pembahasan: Molekul merupakan partikel penyusun sel makhluk hidup yang paling sederhana.
Jawaban: E
15. Kumpulan dari individu-individu yang sejenis disebut . . . .
A. Organisme
B. Populasi
C. Komunitas
D. Ekosistem
E. Bioma
Pembahasan: Populasi merupakan sekumpulan individu sejenis yang menempati suatu tempat tertentu pada waktu yang sama.
Jawaban: B
Sumber:
- Omegawati, Wigata, dkk. Detik-detik Biologi 2014/2015. 2015. Yogyakarta: PT Intan Perwira
Tidak ada komentar:
Posting Komentar