Sabtu, 21 Maret 2015

Sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin

Sistem reproduksi merupakan sistem organ yang berfungsi untuk menunjang kelangsungan hidup mahluk hidup. Sistem reproduksi pada manusia terdiri atas organ-organ reproduksi serta berbagai hormon yang berperan mengatur proses-proses dalam sistem reproduksi. Organ reproduksi pada pria dan wanita berbeda.

A. Organ reproduksi pria

1. Organ luar

  • Skrotum : Skrotum atau kantong zakar terletak di luar rongga tubuh pada bagian abdomen. Di dalam skrotum terdapat testis. Pada saat suhu tubuh memanas skrotum akan bergerak menjauhi tubuh. Sementara itu, pada saat dingin skrotum akan bergerak mendekati tubuh. Dengan demikian, pembentukan sel kelamin dapat berjalan optimal.
  • Penis : Alat kopulasi yang menyalurkan sperma ke uterus.

2. Organ dalam

  • Testis : Testis berjumlah sepasang di kanan dan kiri. Testis merupakan organ tempat pembentukan sel kelamin. Di dalam testis terdapat tubulus seminiferus yang merupakan tempat pembentukan sperma. Hormon yang dihasilkan adalah testosteron

  • Epididimis : Sperma dewasa akan meninggalkan tubulus seminiferus dan menuju ke vas deferens. Selnajutnya, sperma akan menuju ke saluran berkelol-kelok yang disebut epididimis. Epididimis merupakan tempat penyimpanan sementara bagi sperma. Sperma yang telah matang disalurkan ke vas deferens

  • Vas deferens : Vas deferens merupakan saluran lanjutan dari epididimis. Vas deferens berfungi menyalurkan sperma dari epididimis ke vesikula seminalis.

  • Vesikula seminalis : Vesikulas seminalis berfungsi sebagai penghasil cairan nutrisi bagi sperma, memudahkan pergerakan, dan menetralkan keasaman saluran reproduksi wanita.

  • Kelenjar bulbourethralis : Kelenjar ini terletak pada pangkal penis. Kelenjar ini berfungsi menyekresikan cairan untuk membersihkan kotoran yang terdapat dalam saluran penis. Bersifat basa.

  • Kelenjar prostat : Kelenjar tersebut bekerja sebagai pengekskresi nutrisi yang diperlukan oleh sperma. Campuran anatar sekresi prostat dan sperma disebut semen.

  • Uretra : Uretra memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai saluran urin dan sebagai saluran sperma pada saat ejakulasi.



B. Organ reproduksi wanita

1. Organ luar

Labia mayor, labia minor, klitoris, selaput dara, lubang tempat keluarnya urin, dan lubang vagina.


2. Organ dalam

  • Vagina : Berupa pipa gepeng yang terdiri atas otot sirkuler dan otot melintang.
  • Serviks : Merupakan bagian dari uterus sebelah bawah yang menonjol dan bermuara pada vagina.
  • Uterus : Uterus terletak di antara kandung kemih dan rektum. Uterus merupakan tempat pertumbuhan dan perkembangan janin. Dinding uterus terdiri atas 3 lapisan yaiyu; perimetrium, myometrium, dan endometrium. Perimetrium merupakan lapisan dinding paling luar dan juga disebut sebagai selaput dinding perut. Myometrium merupakan lapisan tengah yang sangat tebal dan kaya akan jaringan otot serta sedikit jaringan ikat. Endometrium merupakan lapisan paling dalam yang terdiri atas lendir dan pembuluh darah. Lapisan inilah yang mengalami proliferasi maupun ovulasi.
  • Tuba fallopi : Berupa pipa panjang dengan bagian ujung yang dekat dengan ovarium berbentuk corong. Pada bagian ini dilengkapi dengan fimbriaeyang berfungsi untuk mendorong ovum yang telah matang menuju uterus. Dalam tuba fallopi juga terjadi fertilisasi
  • Ovarium : merupakan tempat penghasil ovum. Berjumlah sepasang di kanan dan kiri. Masing-masing ovarium digantungkan oleh mesovarium.



C. Pembentukan Sel Kelamin

1. Pada Pria : Tingginya kadar FSH dan LH akan menghambat sekresi hormon GnRH oleh hipothalamus. Sedangkan peningkatan kadar estrogen dan progesteron dapat menstimulasi (positif feedback, pada fase folikuler) maupun menghambat (inhibitory/negatif feedback, pada saat fase luteal) sekresi FSH dan LH di hipofisis atau GnRH di hipothalamus. .


2. Pada wanita : Proses pembentukan sel telur (ovum) di dalam ovarium. Oogenesis dimulai dengan pembentukan bakal sel-sel telur yang disebut oogonia (tunggal: oogonium). Pembentukan sel telur pada manusia dimulai sejak di dalam kandungan, yaitu di dalam ovari fetus perempuan. Pada akhir bulan ketiga usia fetus, semua oogonia yang bersifat diploid telah selesai dibentuk dan siap memasuki tahap pembelahan.  Semula oogonia membelah secara mitosis menghasilkan oosit primer. Pada perkembangan fetus selanjutnya, semua oosit primer membelah secara miosis, tetapi hanya sampai fase profase. Pembelahan miosis tersebut berhenti hingga bayi perempuan dilahirkan, ovariumnya mampu menghasilkan sekitar 2 juta oosit primer mengalami kematian setiap hari sampai masa pubertas. Memasuki masa pubertas, oosit melanjutkan pembelahan miosis I. hasil pembelahan tersebut berupa dua sel haploid, satu sel yang besar disebut oosit sekunder dan satu sel berukuran lebih kecil disebut badan kutub primer.

Pada tahap selanjutnya, oosit sekunder dan badan kutub primer akan mengalami pembelahan miosis II. Pada saat itu, oosit sekunder akan membelah menjadi dua sel, yaitu satu sel berukuran normal disebut ootid dan satu lagi berukuran lebih kecil disebut badan polar sekunder. Badan kutub tersebut bergabung dengan dua badan kutub sekunder lainnya yang berasal dari pembelahan badan kutub primer sehingga diperoleh tiga badan kutub sekunder. Ootid mengalami perkembangan lebih lanjut menjadi ovum matang, sedangkan ketiga badan kutub mengalami degenerasi (hancur). Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa pada oogenesis hanya menghasilkan satu ovum.


3. Hormon yang berperan : Pada wanita usia reproduksi terjadi siklus menstruasi oleh aktifnya aksishipothalamus-hipofisis-ovarium. Hipothalamus menghasilkan hormon GnRH(gonadotropin releasing hormone) yang menstimulasi hipofisis mensekresi hormonFSH (follicle stimulating hormone) dan LH (lutinuezing hormone). FSH dan LHmenyebabkan serangkaian proses di ovarium sehingga terjadi sekresi hormonestrogen dan progesteron. LH merangsang korpus luteum untuk menghasilkanhormon progesteron dan meransang ovulasi. Pada masa pubertas, progesteronmemacu tumbuhnya sifat kelamin sekunder. FSH merangsang ovulasi danmeransang folikel untuk membentuk estrogen, memacu perkembangan folikel.Hormon prolaktin merangsang produksi susu.Mekanisme umpan balik positif dan negatif aksis hipothalamus hipofisis ovarium.Tingginya kadar FSH dan LH akan menghambat sekresi hormon GnRH olehhipothalamus. Sedangkan peningkatan kadar estrogen dan progesteron dapatmenstimulasi (positif feedback, pada fase folikuler) maupun menghambat(inhibitory/negatif feedback, pada saat fase luteal) sekresi FSH dan LH di hipofisisatau GnRH di hipothalamus



Soal:

1.  Pada proses spermatogenesis, sel yang bersifat diploid adalah….
A.Spermatogonium dan spermatosit sekunder
B.Spermatosit primer dan spermatid
C.Spermatogonium dan spermatid
D.Spermatosit sekunder dan spermatid
E.Spermatogonium dan spermatosit primer

Jawaban : E
Spermatogenesis yaitu proses pembentukan gamet atau sel kelamin jantan. Pada proses ini dari satu spermatogenesis dihasilkan empat sel gamet jantan (spermatozoid) yang bersifat haploid.

2. Proses pembentukan gamet di dalam alat reproduksi disebut...
A.spermatozoid
B.oogenesis
C.gametogenesis
D.sporulasi
E.ovulasi

Jawaban : C
Proses pembentukan gamet atau sel kelamin. Sel gametterdiri dari gamet jantan (spermatozoa) yang dihasilkan di testis dan gamet betina(ovum) yang dihasilkan di ovarium. Terdapat dua jenis proses pembelahan sel yaitu mitosis dan meiosis.

3. Penghasil sel sperma pada alat reproduksi pria adalah....
A. testis
B. ovarium
C. vas deferens
D. uterus
E. penis

Jawaban A



4. Penghasil ovum pada alat reproduksi wanita adalah....
A.Uterus
B.Ovarium
C.Vas deferens
D.Uterus
E. Penis

Jawaban : B
Merupakan tempat penghasil ovum. Berjumlah sepasang di kanan dan kiri. Masing-masing ovarium digantungkan oleh mesovarium

5. Epididimis merupakan saluran pada alat reproduksi laki-laki yang berfungsi untuk….
A.mengaktifkan sperma
B.menampung sperma
C.menggerakkan sperma ke luar
D.menyimpan dan mengaktifkan sperma
E.menyimpan dan mematangkan sperma

Jawaban D
Epididimis,  berfungsi  sebagai  tempat pematangan dan penyimpanan sementara sperma.

6. Bagian alat reproduksi perempuan yang berperan sebagai tempat produksi sel telur adalah.....
A.folikel dalam uterus
B.folikel dalam oviduk
C.folikel dalam ovarium
D.korpus luteum
E.korpus albikans

Jawaban C
merupakan tempat penghasil ovum. Berjumlah sepasang di kanan dan kiri. Masing-masing ovarium digantungkan oleh mesovarium. Folikel adalah kantung berisi cairan dalam ovarium (indung telur), di mana telur berkembang dan kemudian dilepaskan selama ovulasi atau aspirasi.

7. Alat reproduksi luar pada perempuan adalah.....
A.vulva dan himen
B.fimbria dan luteal
C.servik dan labium
D.miometrium dan fimbria
E.klitoris dan labium

Jawaban E
Organ luar: Labia mayor, labia minor, klitoris, selaput dara, lubang tempat keluarnya urin, dan lubang vagina terletak pada bagian luar

8. Pada pria terdapat alat-alat reproduksi sebagai berikut, yang emiliki fungsi ganda, yaitu sebagai saluran urin dan sebagai saluran sperma pada saat ejakulasi adalah....
A.Vas deferens
B.Testis
C.Uretra
D.Epididimis
E.Penis

Jawaban C
Saluran urin dan sebagai saluran sperma pada saat ejakulasi

9. Pada peristiwa oogenesis, setiap 1 oogonium yang mengalami meiosis akan membentuk ...
A.1 ovum fungsional dan 1 badan kutub
B.1 ovum fungsional dan 3 badan kutub
C.2 ovum fungsional dan 2 badan kutub
D.ovum fungsional dan 1 badan kutub
E.ovum fungsional

Jawaban B
Perhatikan penjelasan sebelumnya

10. Selain menghasilkan ovum, ovarium juga dapat menghasilkan ....
A.Hormon estrogen dan hormon testosteron
B.Hormon estrogen dan hormon insulin
C.Hormon estrogen dan hormon progesteron
D.Hormon progesteron dan hormon prolaktin
E.Hormon testoteron dan hormon insulin

Fase menstruasi: endometrium mengalami degenerasi  karena  hormon  estrogen  dan progesteron  berhenti  dikeluarkan. Endometrium yang berdegenerasi menyebabkan  darah,  mukus,  dan  sel-sel  epitel dikeluarkan sebagai darah haid.

11. Berikut ini bukan penyebab luruhnya dinding endometrium adalah ....
A.Menurunnya HCG
B.Menurunnya FSH
C.Menurunnya estrogen
D.Menurunnya progesteron
E.Degradasi korpus luteum
  1. Progesteron dan estrogen, diproduksi oleh korpus luteum hingga kehamilan bulan ke-3 dan ke-4, kemudian secara berangsur-angsur korpus luteum akan digantikan oleh plasenta.

  2. Prolaktin, yaitu hormon yang merangsang kelenjar susu untuk  memproduksi  susu, juga  mengatur  metabolisme  pada  ibu sehingga  kebutuhan  zat  pada  tubuh  ibu dapat dikurangi dan dialirkan ke janin.

  3. Hormon HCG (Human  Chorionic Gonadotropin) yaitu hormon yang merangsang aktivitas ovarium dan pembentukan plasenta.

12. Saat ovum mengalami pembuahan, zigot yang dihasilkan akan berkembang dan menempel pada dinsing endoterium. Oleh karena itu, keberadaan endoterium harus dipertahankan selama kehamilan. Mekanisme hormonal yang berperan mempertahankan endoterium adalah ....
A.Kadar progesteron yang tinggi
B.Kadar estrogen yang tinggi
C.Kadar estrogen yang tinggi, progesteron rendah
D.Kadar estrogen rendah, progesteron tinggi
E.Kadar estrogen dan progesteron tinggi

Estrogen, berfungsi merangsang hipofisis menyekresikan LH yang akan merangsang ovulasi,  persiapan  endometrium  untuk kehamilan. Progesteron, berfungsi menghambat produksi  LH  sehingga  memungkinkan tertahannya korpus luteum dan memengaruhi dinding  rahim  untuk  siap  menerima penempelan zigot.

13. Organ wanita yang berfungsi sebagai tempat pertumbuhan dan perkembangan janin adalah….
A.tuba falopi
B.oviduct
C.uterus
D.ovarium
E.vagina

Uterus merupakan organ yang berongga dan berotot. Berbentuk sperti buah pir dengan bagian bawah yang mengecil. Berfungsi sebagai tempat pertumbuhan embrio.

14. Di dalam sepanjang tuba falopi terdapat banyak silia yang selalu bergetar, silia tersebut berfungsi untuk….
A.Mempermudah perjalanan zigot
B.Mempermudah perjalanan sperma
C.Mempermudah perjalanan ovum
D.Mempermudah proses fertilisasi
E.Mempermudah proses ovulasi

Dalam sepanjang tuba falopi terdapat bulu getar(silia) yang mempermudah perjalanan bagi zigot untuk menuju rahim.

15. Karbohidrat yang terdapat dalam secret spermatozoa adalah….
A.fruktosa
B.sukrosa
C.glukosa
D.galaktosa
E.sukrosa

Kandungan karbohidrat pada secret spermatozoa merupakan fruktosa (gula buah)

SUMBER:
Adip MS, dkk. 2014. Strategi dan Kupas Tuntas SKL UN Edisi Lengkap. Solo: Genta Smart
Omegawati, Wigata, dkk. Detik-detik Biologi 2014/2015. 2015. Yogyakarta: PT Intan Perwira
Pratiwi, D.A., dkk. 2012. Biologi.Jakarta: Erlangga
Priadi, A.2010. Biologi 1. Yogyakarta: Yudhistira
Rahardian, Renan. 2014. Top Pocket No 1 Biologi SMA. Jakarta: Wahyu Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar