Sabtu, 21 Maret 2015

Teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya



Teori abiogenesis: makhluk hidup berasal dari benda tidak hidup atau makhluk hidup ada dengan sendirinya atau disebut generatio spontanea. Tokoh pencetus teori ini adalah Aristoteles dan John Nedham. Pada percobaan Aristoteles, tanah yang dipendam air akan muncul cacing. Pada percobaan Nedham, kaldu direbus dalam wadah selama beberapa menit, setelah itu wadah ditutup dengan gabus. Setelah beberapa hari, terdapat bakteri dalam kaldu tersebut. Nedham berpendapat bahwa bakteri berasal dari kaldu. Ilmuwan lain yang mendukung teori ini adalah Antonie van Leuwenhoek, ia mengamati air rendaman jerami dan mendapatkan adanya mikroorganisme, Antonie berpendapat bahwa mikroorganisme muncul dari air rendaman jerami.

Teori biogenesis: makhluk hidup berasal dari makhluk hidup. Tokoh pencetus teori ini yaitu Francesco Redi, Lazzaro Spallanzani, dan Louise Pasteur.


Fransesco Redi
  • pada toples yang ditutup, tidak ada belatung sama sekali
  • pada toples yang hanya ditutupi kain kasa, terdapat belatung di atas kain kasa dan sedikit pada daging
  • pada toples yang terbuka terdapat banyak belatung pada daging

meat-gif

Louise Pasteur

untitled1-143B79CA97B67CC1172

Lazzaro Spallanzani

url

Teori kosmozoid: makhluk hidup berasal dari "spora kehidupan" yang berasal dari ruang angkasa.

Teori penciptaan (special creation): makhluk hidup diciptakan Tuhan seperti apa adanya.

Teori evolusi kimia: tokoh pencetus teori ini adalah Alexander Oparin dan Haldaine. Menurut mereka pada mula-mula atmosfer purba terdiri dari metana, amonia, uap air, dan gas hidrogen. Dengan adanya energi alam (halilintar dan sinar kosmis) gas-gas itu berubah menjadi molekul organik sederhana jenis substansi asam amino.

Selama berjuta-juta tahun, senyawa organik itu terakumulasi di cekungan perairan membentuk primordial soup (campuran materi di lautan panas) kemudian membentuk monomer. Monomer membentuk polimer yang kemudian membentuk protobion (bentuk awal sel).

Pendapat Oparin didukung oleh Harold Urey dan Stanley Miller. Mereka melakukan percobaan untuk membuktikan kebenaran teori tersebut.

0049

Teori evolusi biologi: Teori ini merupakan lanjutan dari teori evolusi kimia. Asam amino hasil dari evolusi kimia akan bergabung membentuk makromolekul, teori ini dibuktikan oleh Sidney W. Fox. Larutan yang mengandung monomer-monomer organik diteteskan ke pasir, batu atau tanah yang panas sehingga mengalami polimerisasi. Hasil tersebut dinamakan protenoid, yang kemudian apabila dicampur dengan air dingin akan membentuk mikrosfer atau koaservat. Mikrosfer ini mempunyai sifat hidup dan mempunyai membran selektif permeabel tetapi belum dikatakan hidup.

Menurut Oparin, mikrosfer ini mempunyai selaput sel primitif dari lipid dan protein. Oleh karena itu, mikrosfer ini dianggap sebagai sel primitif yang disebut protosel. Protosel akan membentuk sel awal sebagai permulaan dari organisme uniseluler.

Soal dan pembahasan

1. Pembentukan senyawa amino secara alami di udara dari bahan dasar nitrogen, sesuai dengan teori asal usul kehidupan yang dikemukakan oleh :
A. Stanley Miller
B. Aristoteles
C. Harold Urey
D. Louis Pasteur
E. A. I. Oparin

Jawab : C
Pembahasan : Teori evolusi kimia dikemukakan oleh Harold Urey dan didukung oleh muridnya Stanley Miller.

2. Teori abiogenesis runtuh karena percobaan yang dilakukan oleh :
A. Aristoteles
B. Alexander Oparin
C. Harold Urey
D. Anthonie van Leeuwenhoek
E. Louis Pasteur

Jawab : E
Pembahasan : Teori abiogenesis menganggap bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati. Teori ini runtuh setelah percobaan yang dilakukan Louis Pasteur yang berhasil memperbaiki percobaan Redy dan Spallanzani dengan menggunakan labu yang tutupnya berbentuk leher angsa. Dengan labu itu maka air kaldu di dalam labu masih berhubungan dengan udara luar (gaya hidup). Dengan demikian keberatan orang terhadap hasil percobaan Redy dan Spallanzani dapat dihilangkan.

3. Dasar proses evolusi menurut Darwin ialah bahwa :
A. Nenek moyang manusia adalah kera
B. Spesies yang kuat membunuh yang lemah
C. Spesies baru timbul terus menerus
D. Perubahan perlahan-lahan dalam waktu yang lama
E. Perubahan yang bersifat menurun

Jawab : E
Pembahasan : A merupakan persepsi yang keliru mengenai teori evolusi Darwin, B merupakan definisi dari seleksi alam, C merupakan hasil dari proses evolusi, sementara D merupakan definisi adaptasi

4. Omne vivum ex ovo, omve ovum ex vivo adalah pernyataan suatu yang menjelaskan bahwa :
A. Kehidupan selalu berasal dari organisme yang bertelur
B. Kehidupan dapat berasal dari benda mati
C. Tak ada kehidupan tanpa telur
D. Sebelum ada individu, harus ada telur terlebih dahulu
E. Kehidupan ada karena telah ada kehidupan sebelumnya

Jawab : E
Pembahasan : omne vivum ex ovo artinya adalah semua makhluk hidup berasal dari telur dan omne ovum ex vivo artinya adalah semua telur berasal dari makhluk hidup, maka semua makhluk hidup berasal dari makhluk hidup.

5. Teori asal usul kehidupan disusun berdasarkan:
A. Pengamatan peristiwa yang sedang terjadi
B. Hipotesis terhadap kemungkinan yang akan terjadi
C. Analisis data peristiwa masa lampau
D. Kenyataan kehidupan yang ada sekarang
E. Hipotesis terhadap keadaan bumi saat ini

Jawab : B
Pembahasan : teori asal usul kehidupan hanya dapat disusun berdasarkan hipotesis terhadap keadaan saat itu. kita tidak dapat mengamati dan menganalisa, atau bahkan merekayasa kembali kejadian tersebut. Keadaan bumi saat ini juga sangat berbeda dengan keadaan bumi saat kehidupan muncul.

6. Dalam menjawab permasalahan tentang asal-usul, kehidupan, eksperimen siapakah yang cara pelaksanaannya cermat jika ditinjau dari metode ilmiah?
A. Harold Urey
B. Stanley Miller
C. Francesco Redi
D. Lazarro Spallanzani
E. Louis Pasteur

Jawab : B
Pembahasan : Eksperimen Stanley Miller menggunakan lingkungan eksperimen yang benar-benar terkontrol dengan baik, sehingga tidak ada faktor lain yang dapat mengganggu/mempengaruhi hasil eksperimen.

7. Untuk membantah teori generatio spontanea dari Spallanzani, Louis Pasteur menggunakan pipa berleher angsa yang bertujuan agar :
A. Tidak ada mikroorganisme di dalam pipa
B. Mikroorganisme terperangkap dalam pipa
C. Air kaldu tidak berhubungan dengan udara
D. Air kaldu dapat berhubungan dengan udara luar
E. Air kaldu tidak mengandung mikroorganisme

Jawab : A
Pembahasan : Teori generatio spontanea mengatakan bahwa makhluk hidup muncul dari benda mati. Louis Pasteur menggunakan pipa leher angsa untuk mengeleminasi faktor luar (mikroorganisme) yang dapat masuk dan berkembang biak dalam kaldu yang telah ia rebus. hasilnya adalah setelah didiamkan beberapa hari, kaldu tersebut tidak mengandung mikroorganisme apapun. sehingga dapat disimpulkan bahwa makhluk hidup tidak berasal dari benda mati.

8. Teori tentang biogenesis tidak didukung oleh :
A. Francesco Redi
B. Robert Hooke
C. Lazzaro Spallanzani
D. Aristoteles
E. Louis Pasteur

Jawab : D
Pembahasan : Aristoteles merupakan pendukung teori abiogenesis, yaitu bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati.

9. Usaha untuk membantah teori generatio spontanea, ilmuwan berikut yang percobaannya berkaitan erat dengan proses sterilisasi yaitu :
A. Alexander Oparin
B. Harold Urey
C. Lazzaro Spallanzani
D. Francesco Redi
E. Aristoteles

Jawab : C
Pembahasan : Ilmuwan yang membantah teori generatio spontanea (abiogenesis) adalah para ilmuwan yang menyatakan / mendukung teori biogenesis yaitu : Francesco Redi, Lazzaro Spallanzani, Louis Pasteur. Alexander Oparin adalah ilmuwan yang mengemukakan teori evolusi kimia dan Harold Urey adalah pendukung teori Oparin dan membuktikan teorinya dengan merancang suatu alat percobaan seperti keadaan atmosfer bumi purba

10. Stainly Miller berhasil membuktikan bahwa kalau ke dalam tabung dialirkan uap air, amoniak dan metana diberi bunga api listrik bertegangan tinggi, maka akan terbentuk :
A. Letupan yang kuat
B. Asam amino
C. Karbohidrat
D. Substansi dasar kehidupan

Jawab : D
Pembahasan : hasil dari percobaan Stanley Miller merupakan substansi yang paling dasar, yang secara teori kemudian akan membentuk substansi yang lebih kompleks seperti asam amino dan karbohidrat.

11. Berikut ini adalah keempat gas yang bereaksi dalam teori evolusi kimia, kecuali :
A. CH4
B. NH3
C. H2O
D. H2
E. O2

Jawab : E
Pembahasan : CH4, NH3, H2O dan H2 bereaksi secara spontan menggunakan energi dari alam (terutama petir) yang kemudian membentuk substansi dasar kehidupan.

12. Dalam teori evolusi kimia, hasil reaksi dari keempat gas adalah asam amino yang kemudian terkumpul dalam cekungan air laut membentuk :
A. Sup primordial
B. DNA
C. RNA
D. Makhluk hidup pertama
E. Sel prokariotik

Jawab : A
Pembahasan : Sup primordial terbentuk dari asam amino hasil reaksi yang tergenang di cekungan air laut. asam amino ini kemudian akan membentuk susunan kompleks lain nya sepeti DNA dan RNA, sel prokariotik pertama, yang kemudian berevolusi dan berkembang menjadi makhluk hidup pertama.

13. Adanya mikroorganisme pada rendaman jerami yang teramati dengan mikroskop buatan Antonie Van Loewenhoek pada abad ke 14 ditafsirkan sebagai gejala :
A. Biogenesis
B. Metagenesis
C. Biosintesis
D. Morfogenesis
E. Abiogenesis

Jawab : E
Pembahasan : Abiogenesis berarti bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati

14. Teori evolusi kimia telah dibuktikan kebenarannya oleh Stanley Miller. Kesimpulan dari hasil percobaannya adalah :
A. Makhluk hidup muncul secara spontan dari benda mati
B. C, H, O, dan N adalah unsur utama penyusun sel makhluk hidup
C. Asam amino dan nukleotida merupakan bahan penyusun protein
D. Senyawa organik sederhana dapat terbentuk dari senyawa anorganik dengan energi tinggi
E. Tubuh makhluk hidup dibangun oleh C, H, O, dan N dalam kondisi abiotik

Jawab : D
Pembahasan : Dalam percobaan Stanley Miller, senyawa organik sederhana terbentuk dari hasil reaksi 4 gas: CH4, NH3, H2, dan H2O, yang dimasukkan dalam tabung yang diberi energi tinggi (tegangan/loncatan listrik).

15. Louis Pasteur seorang ahli biokimia melakukan percobaan dengan menggunakan labu yang berleher angsa berisi kaldu. Kemudian kaldu dipanaskan agar steril dari mikroorganisme. Selanjutnya didinginkan dan disimpan. Setelah beberapa hari diamati. Kesimpulan dari percobaan ini adalah :
A. Setiap makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya
B. Makhluk hidup berasal dari benda mati yang muncul secara spontan
C. Protein pada kaldu merupakan cairan pembentuk makhluk hidup
D. Air kaldu merupakan media tumbuh mikroorganisme pembusuk
E. Makhluk hidup timbul secara bertahap dari senyawa tidak hidup

Jawab : A
Pembahasan : Louis Pasteur dapat mencapai kesimpulan tersebut, karena tidak terdapat mikroorganisme dalam kaldu tersebut setelah disimpan beberapa hari.


Sumber:

  • Omegawati, Wigata, dkk. Detik-detik Biologi 2014/2015. 2015. Yogyakarta: PT Intan Perwira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar